About Me

My photo
중기의애인! 사랑해요송중기. 우유빛깔송중기~♡ 난 널 너무너무 좋아요 ( ◦˘ з(◦'ںˉ◦)

Viewers

Followers

Wednesday 20 March 2013

Aurelia aurita

Waktu masa SMA gw paling tertarik dengan pelajaran Biologi. Alesannya sepele, karena gurunya asik dan buku paket gambarnya berwarna. Kendala gw dalam belajar biologi adalah gw lemah dalam hapalan. Apalagi waktu disuruh menghapal nama latin hewan dan tumbuhan. Gw pusing dan gak pernah apal.

Waktu kelas 1 SMA gw diajar sama Ibu Afni, orangnya seru, rada jutek, kadang galak, dan tegas. Tapi gw suka cara ngajarnya. Seru aja gitu.. :DD Satu satunya guru yang pernah gw bikin nangis gara2 gw bercanda sama temen. Dikiranya gw ngetawain beliau. Padahal kan enggak. :'(

Sampe lari-lari ke ruang guru cuma buat minta maaf sama beliau. Susah banget dimaapinnya masa. Lama deh. Dimarahin dulu, tapi lupa omongannya gimana. Pokonya gw nyesel. Semenjak itu, tiap pelajaran beliau, gw diem aja merhatiin. Kalo ngobrol sama temen lewat kertas gitu. Hahahahaha.


Aurelia aurita
Ceritanya gw masuk ke pelajaran kingdom Animalia, Bu Afni nyuruh anak-anak menghafal beberapa nama latin binatang, lengkap dari kingdom berurut sampe species. Dulu gw hapal cuma sampe naik kelas 2. Selanjutnya udah gak apal lagi. Tapi yang paling gw apal sampe sekarang adalah nama latin Ubur-ubur, yaitu Aurelia aurita. Kenapa gw bisa apal? Karena nama latinnya bagus. :)))))

Dulu gw pernah nyeplos ke temen sebangku gw, kalo gw pengen punya anak 3. Yang pertama dinamain Aurel, kedua dinamain Lia dan yang ketiga dinamain Aurita. Hahahahahahaha XDDDD
Tapi itu cuma spik doang sih. Mana mungkin gw namain anak sendiri dengan nama random kayak gitu. Nama adalah doa. Ntar yang ada anak gw jadi gak jelas bentuknya kayak ubur-ubur. -______-

Bicara tentang ubur-ubur, gw nemu 10 fakta menakjubkan dari ubur-ubur. Cekidot:

1. Jellyfish pertama kali muncul sekitar 650 juta tahun yang lalu dan ditemukan di setiap permukaan laut. Beberapa juga ditemukan banyak di air tawar.
Gw baru tau kalo ubur-ubur juga ada di air tawar. Selama ini gw cuma tau ubur-ubur itu makhluk laut :))
Jellyfish Jill  Buschlen
2. Medusa (Plural Medusae) adalah istilah lain untuk ubur-ubur. Medusa adalah istilah lain ubur-ubur yang hidup di yunani, finlandia, portugis, rumania, ibrani, serbia, kroasia, spanyol, perancis, italia, hungaria, polandia, ceko, slowakia, rusia dan bulgaria
Medusa Jellyfish
3. Karena ubur-ubur bukanlah merupakan spesien dari ikan, kadang banyak terdapat anggapan yang keliru tentang ubur-ubur, oleh karenya American Public Aquariumsk telah mempopulerkan penggunaan istilah jeli laut (sea jellies) sebagai gantinya.

4. Pada umumnya sekelompok atau sekawanan ubur-ubur ini disebut dengan istrilah bloom atau swarm.
Jellyfish Blooms Shawn Rener
5. Ubur-ubur tidak memiliki sistem pernafasan karena kulit mereka cukup tipis dan bahwa tubuh mereka telah berisi oksigen oksigen melalui difusi.

6. Ubur-ubur tidak mempunyai otak atau sistem saraf pusat,
tetapi ubur-ubur memiliki jaringan saraf yang longgar, yang terletak di epidermis, yang juga disebut sebagai "jaring saraf."

7. Ubur-ubur terdiri dari lebih dari 90% air. Sebagian besar massa bagian payung mereka adalah bahan agar-agar (jeli) yang disebut mesoglea, yang dikelilingi oleh dua lapisan sel yang membentuk payung (permukaan atas). Sedangkan bagian permukaan bawah tubuhnya dikenal dengan sebutan bel.

8. Ubur-ubur memiliki sistem reproduksi yang unik, yaitu baik yang berjenis kelamin laki-laki maupun dan perempuan akan melepaskan sperma dan telur ke dalam air sekitarnya, di mana telur yang telah dibuahi dan tumbuh menjadi organisme baru.

9. Ubur-ubur memiliki racun yang paling mematikan dan telah menyebabkan setidaknya 5.568 kematian sejak 1954. Setiap tentakel memiliki sekitar 500.000 harpun sindasites yang berbentuk jarum yang menyuntikkan bisa ke korban.

10. Spesies ubur-ubur terbesar adalah ubur-ubur bersurai singa (the lion’s mane jellyfish). Ubur-ubur ini adalah salah satu hewan yang dikenal terpanjang dan terbesar yang memiliki bel (tubuh) dengan diameter 2,3 m (7 kaki 6 inci) dan tentakel mencapai 36,5 m (120 kaki). Ubur-ubur ini ditemukan pernah terdampar di pantai teluk massachusetts pada tahun 1870.
Lion’s Mane Jellyfish
(Sumber: 10 Fakta Menakjubkan Dari Ubur-Ubur)

Wah ternyata ubur-ubur gak selalu transparan yah. Ada juga yang warna-warni seperti gambar diatas. :))) Ada biru, merah, pink, hijau, ungu. XD walaupun bentuknya abstrak, tapi kalo bercahaya warna-warni gitu jadi keliatan bagus yah.. :')

Sekian artikel gw tentang Aurelia aurita.. :))

Spongebob and Patrick at Jellyfis Field :))

2 comments:

  1. hehehe, lucu banget, pengantarnya juga unik n lucu,,,mungkin orang yang bikin juga imut2 dan lucu,,,,thanks yah, sangat bermanfaat....

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih ya. . :D
      hehe. . tau aja kalo aku imut. bhahahak. xD

      Delete

Thanks for read my post.. :)